Penyuluhan Hukum Prajurit Kodim 1620/Loteng, Ini Pesan Dandim

  • Share

Lombok Tengah, mediame.id – Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang hukum prajurit, Kodim 1620/Lombok Tengah bersama tim Hukum Kodam (Kumdam) IX/Udayana menggelar penyuluhan hukum kepada seluruh prajurit dan PNS serta Persit Kartika Chandra Kirana, di Aula serbaguna Makodim.

Penyuluhan hukum ini meliputi bagaimana tentang kesadaran prajurit dan pengetahuan prajurit tentang hukum dalam kedinasannya sebagai anggota TNI maupun penerapan hukum di dalam keluarga besar TNI.

Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara dalam sambutannya menekankan, pentingnya pemahaman hukum bagi setiap prajurit maupun PNS dan Istri Prajurit dalam era digital saat ini, seperti penggunaan media sosial harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Setiap prajurit harus mencermati dan melaksanakan setiap materi hukum yang disampaikan. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri, satuan, dan institusi TNI secara keseluruhan,” ujar Dandim saat membuka kegiatan penyuluhan hukum Selasa, (11/6/2024).

Penyuluhan Hukum merupakan kegiatan pembinaan yang diselenggarakan dengan tujuan mewujudkan kesadaran hukum bagi seluruh anggota keseluruhan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

“Dengan harap agar seluruh prajurit lebih baik, sehingga berdisiplin, mengetahui, memahami, menghayati sekaligus mematuhi hukum yang berlaku dalam militer,” terang Dandim.

Dalam penyuluhan hukum kepada seluruh prajurit Kodim 1620/Loteng tersebut di sampaikan langsung oleh ketua tim Wakakumdam IX/Udayana, Letkol Chk Rasmi Hauliam Lubis menerangkan, bahwa pentingnya kegiatan penyuluhan hukum sebagai bagian integral dari pembinaan prajurit di satuan.

“Kegiatan penyuluhan hukum ini merupakan kegiatan pembinaan personel berupa penyampaian informasi hukum guna membentuk mental, disiplin serta memupuk jiwa Prajurit, PNS dan Persit,” terang Wakakumdam.

Menurutnya, pemahaman yang kuat terhadap hukum adalah pondasi dari disiplin yang kokoh dalam menjalankan tugas-tugas di  TNI khususnya TNI AD,

“Upaya yang kita lakukan yaitu dengan melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum secara terbuka dan terarah demi terciptanya ketaatan dan kepatuhan hukum yang tinggi dalam dinas kemiliteran,” tegasnya.

Di akhir penyuluhan, Letkol Chk Rasmi Hauliam Lubis, kembali mengingatkan kepada seluruh prajurit Kodim 1620/Loteng tentang pentingnya penerapan materi hukum dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadikan penyuluhan ini sebagai pedoman dalam bertugas dan berperilaku. Mari kita jaga nama baik satuan dan institusi dengan tidak melakukan pelanggaran,” tandasnya.(ME.red)

  • Share