Jelang Polri Presisi, Bidpropam Polda NTB Gencar Gaktiblin Anggota

  • Share

Mataram, MediaMe. Id. Polda NTB menggelar test urine mendadak kepada 75 orang anggota Bidang Profesi dan Pengaman (Bid Propam), Senin 1 Februari 2021, di lobi utama Polda NTB.

Kegiatan tes urine dilaksanakan bersama Bidokes Polda NTB, untuk memastikan anggota Propam NTB bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Tes urine anggota Bid Propam dilakukan sesuai perintah Kapolda NTB, Irjen Pol M Iqbal.

Kepala Bidang Propam Polda NTB, Kombes Pol Awan Hariyono SIK MH mengatakan test urine mendadak dilakukan untuk anggota Propam, dilakukan sebagai komitmen Bid Propam Polda NTB dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba di wilayah NTB.

“Kasus penyalahgunaan narkoba secara nasional dan lokal NTB masih sangat tinggi. Ini terbukti dengan peningkatan kasus baik kualitas dan kuantitas. Kasus narkoba di lingkungan Polri juga masih terjadi di tahun 2020 masih ada tercatat. Ini yang kita atensi,” kata Kombes Awan.

Awan menegaskan, test urine di lingkungan Propam Polda NTB dilakukan untuk memastikan bahwa anggota Propam bebas narkoba. Sebab, tugas utama Propam adalah menegakan disiplin, etik, dan moral anggota Polri.

“Ibarat membersihkan rumah, kita harus pakai sapu yang bersih. Jadi kita pastikan dulu anggota kita bebas narkoba,” tegasnya.

Menurutnya, kasus narkoba menjadi atensi Polri. Terutama dalam upaya transformasi Polri menuju Presisi (Prediktif, Responbilitas, Transrapansi, Berkadilan).

“Kapolri Jenderal Pol Listyo Prabowo juga sudah beberapa kali berstatemen tidak ada toleransi untuk kasus narkoba. Anggota Polri yang terlibat kasus narkoba hanya ada dua pilihan, pidana atau pecat. Kapolri sangat berkomitmen untuk berantas kasus-kasus narkoba,” jelasnya.

Hasil tes urine 75 anggota Bidang Propam Polda NTB seluruhnya negatif dan dinyatakan bebas narkoba.

Awan menegaskan, tes urine ini sangat penting bagi Propam. Untuk memastikan bahwa anggota bebas narkoba. Sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai Tupoksi.

“Tugas Polri menegakan hukum, maka anggota harus bersih dulu. Kalau kita sendiri belum bersih dan masih bobrok maka akan jadi bahan cemooh dan tertawaan. Tes urine ini hasilnya semua negatif, dan ini membuktikan keseriusan kita dalam memberantas narkoba,” tegasnya.( ME. Red)

  • Share