Saat Virus Corona Merebak, Musrenbang Loteng dibuka melalui Vicon

  • Share

Lombok Tengah, MediaMe.id – Wakil Bupati Loteng HL. Fathul Bahri, S. Ip membuka secara langsung Musyawarah Rencana Pembangunan( Musrenbang) Kabupaten Lombok Tengah melalui Video Confrence yang dilaksanakan di Ruang Wakil Bupati, Jum’at (17-04-2020)

Hadir juga dalam kegiatan pembukaan Musrenbang Kabupaten, Ketua DPRD Lombok Tengah, M. Tauhid, Sekda Loteng, Dr. HM. Nursiah, S.Sos. M.Si, Kepala Bapedda Loteng, ir.HL. Satria Atmawinata serta para OPD dan Camat dengan tempat yang berbeda.

Wabup Loteng HL Pathul Bahri menyampaikan bahwa musrenbang kabupaten tahun 2020, dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun anggaran 2021, dilaksanakan melalui video confrence. Hal ini karena kondisi masih dalam suasana ikhtiar melawan covid-19.

“Saya tekankan kepada kita semua untuk terus menerus mengingatkan masyarakat kita tentang bahaya covid-19, bagaimana proses penyebarannya, seperti apa gejalanya, dan tindakan apa yang mesti dilakukan apabila ada gejala tersebut dan usahakan agar seminimal mungkin beraktifitas di luar rumah. kalaupun harus terpaksa keluar rumah agar senantiasa menggunakan masker,’ ujar HL Pathul Bahri.

Selain itu dalam melaksanakan ikhtiar pembangunan di bumi tatas tuhu trasna ini sampai saat ini masih banyak Yang belum terpenuhi atas harapan dari masyarakat. Namun perlu di syukuri bahwa ikhtiar membangun daerah menampakkan hasil yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari beberapa indikator berikut ini :

1. Persentase kemiskinan menurun sejak tahun 2015 dari 16,26 % menjadi 13,63 % di akhir tahun 2019;
2. IPM dari angka 64,75 di tahun 2015 meningkat 1,61 menjadi 66,36 pada tahun 2019. peningkatan ipm Lombok Tengah menjadi yang tertinggi di NTB;
3. Pertumbuhan ekonomi Lombok Tengah relatif stabil pada angka rata-rata pertumbuhan 5,91% pertahun pada kurun waktu tiga tahun terakhir;
4. Infrastruktur jalan kabupaten dalam kondisi mantap meningkat dari 455,93 km pada tahun 2015 menjadi 537,11 km pada tahun 2019 atau 66,32 % dari total 809,879 km panjang jalan kabupaten.

“Alhamdulliah beberapa program pembangunan yang kita laksanakan banyak peningkatan,” ujar orang nomor dua di Pemkab Loteng.

Musrenbang tahun ini mengusung tema “penguatan nilai tambah produk lokal, kawasan unggulan dan investasi didukung sdm berdaya saing serta infrastruktur untuk pertumbuhan berkualitas”.(ME.1)

  • Share