Tahun 2023 Desa Pengadang Jadi Sasaran TMMD Kodim 1620/Loteng 

  • Share

Lombok Tengah, mediame.id – Mukim Embung Empas Dusun Rangah Desa Pengadang, Lombok Tengah (Loteng), jadi salah satu sasaran lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1620/Loteng TA. 2023. Dandim 1620/Loteng, Letkol Kav. I F Andi Yusuf Kertanegara meninjau langsung lokasi TMMD tersebut, Rabu (7/6).

“Program TMMD ini wujud sinergitas lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI–Rakyat semakin kuat. Kegiatan ini akan dilaksanakan kurang lebih selama 30 hari kedepan, mulai Pra pada 1-12 dan pelaksanaan rencananya pada 12 atau 13 Juni,” Kata Dandim, saat meninjau di lokasi.

Adapun sasaran kegiatan fisik Pra TMMD Kodim 1620/Loteng TA.2023 ini Komandan Kodim (Dandim) menjelaskan kegiatannya yaitu berupa pembuatan TPA, pembukaan Jalan, dan pembangunan Jambatan. Sementara berbagai sasaran non fisik akan mulai dilaksanakan setelah TMMD resmi dibuka.

“TMMD menjadi salah satu program kerjasama antar berbagai pihak. Sehingga dengan cara itu desa-desa bisa tercukupi kebutuhan, baik pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan pelayanan-pelayanan sosial lainnya,” Ujarnya.

Menurutnya, Program TMMD juga sangat bermanfaat dalam hal membangun sinergitas antara TNI dengan rakyat. Sebab, masyarakat desa menjadi senang dengan hadirnya TNI di desa selama pelaksanaan kegiatan TMMD.

Interaksi itu tentu dapat menumbuhkan rasa percaya diri masyarakat desa, bahwa masyarakat punya TNI yang kuat, TNI yang dicintai oleh rakyat dan pada akhirnya akan mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme. Selain itu, wawasan kebangsaannya juga bisa terus terbina dengan baik.

“Jalan maupun jembatan yang sedang kita bangun ini menghubungkan desa ke desa. Karena itu diharapkan dapat meningkatkan ekonomi dan memperpendek jarak tempuh masyarakat dalam beraktifitas. Selanjutnya apa yang kita kerjakan bersama-sama ini dapat dirawat bersama-sama sehingga masa penggunaannya bisa lebih lama,” Ucapnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota atas kepeduliannya dalam membantu masyarakat desa membangun desanya. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Pengadang, semoga program ini bermanfaat untuk kepentingan seluruh masyarakat,” Imbuhnya.(ME.red)

 

  • Share