Dandim Loteng: Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan Di Wilayah Dengan Metode Binter Tersebar

  • Share

Lombok Tengah,MediaMe.Id. Guna membantu Pemda mempercepat pemulihan ekonomi kerakyatan di wilayah, prajurit Apkowil Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng) dibekali pengetahuan Binter Tersebar.

Pembekalan dilakukan dengan menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kodim 1620/Lombok Tengah TA. 2022 di Aula Makodim, pada Selasa 22 November.

Acara tersebut mengambil tema, “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar, Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Pembinaan Teritorial Untuk Membantu Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Di Wilayah”.

Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Kav. I. F. Andi Yusuf Kertanegara, menjelaskan acara diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Apkowil dalam rangka pelaksanaan tugas Binter.

Sehingga tercipta prajurit-prajurit Apkowil Kodim 1620/Lombok Tengah yang profesional, mampu mengimplementasikan metode Binter, serta mampu bertindak sesuai perubahan dan perkembangan dinamika yang terjadi di wilayah.

Hal ini di maksud guna mewujudkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh.

Komandan Kodim (Dandim) 1620/Lombok Tengah yang didampingi Kaprim, Kapten Inf. Dewa Made Genjong itu juga menuturkan bahwasannya Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) memiliki tugas dan tanggungjawab melaksanakan kewajiban sebagai abdi negara yang tentunya demi kepentingan bangsa dan keutuhan NKRI.

Menurutnya, prajurit merupakan bagian dari masyarakat Indonesia secara historikal. Olehnya para prajurit juga memiliki tugas dan tanggungjawab untuk membantu pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi.

“Kita sebagai aparat komando kewilayahan yang berada di wilayah Lombok Tengah ini, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun tingkat desa, merupakan bagian dari masyarakat Indonesia secara historikal.

Kita memiliki tugas tanggungjawab yang sama, yaitu membantu Pemerintah Daerah (Pemda) meningkatkan ekonomi kerakyatan di wilayah,” Kata Dia, saat membuka acara.

Lebih lanjut, Dandim mengapresiasi para Danramil dan prajurit jajarannya yang telah berkontribusi positif untuk pemerintah demi kepentingan masyarakat, termasuk menjaga stabilitas, kondusifitas di wilayah binaan masing-masing.

Ia menyampaikan bahwasannya prajurit Kodim Lombok Tengah sesuai komitmennya akan terus mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah. Membangun daerah, bangsa dan negara, sepanjang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Semua potensi yang kita miliki akan kita kerahkan untuk mendukung program-program pemerintah mensejahterakan masyarakat, sesuai dengan ketentuan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Mari kita tingkatkan ekonomi kerakyatan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah ini dengan metode Binter Tersebar,” Tandasnya. (Me.red)

  • Share