Objek Wisata Taman Penempoh akan Dilengkapi Homestay

  • Share

Lombok Tengah,MediaMe.Id. Objek wisata Taman Penempoh yang terletak di area Embung Sade Desa Barabali Kecamatan Batukliang terus dibenahi.

Pemerintah Desa Barabali tak hanya sebatas menata objek wisata baru itu dengan berbagai fasilitas dan spot wisata baru. Lebih dari itu, objek wisata ini ke depan akan dilengkapi dengan homestay dan villa penginapan di area wisata ini.

Kepala Desa Barabali, Lalu Ali Junaidi mengatakan, sejak objek wisata Taman Penempoh ini ditata, banyak wisatawan yang datang berkunjung. Terutama wisatawan lokal yang datang sekadar menikmati dan bersantai di tempat itu. Mengingat, letak objek wisata ini yang sangat mendukung untuk bersantai.

Karenanya, pemdes setempat sangat semangat membenahi objek wisata itu. Selain penataan secara fisik, pihaknya juga sedang memperbaiki manajemen pengelolaan objek wisata itu. Dengan demikian, diharapkan tempat wisata ini mampu membangun perekonomian masyarakat ke depannya.

‘’Makanya kita mau tambah lagi spot wisatanya secara perlahan. Ke depannya kita juga merencanakan untuk membangun homestay dan vila di sekitar kawasan wisata ini,’’ ujar Lalu Ali Junaidi, Kamis (17/11).

Untuk penataan spot baru sekarang ini, Lalu Junaidi mengaku, telah membangun miniatur sejumlah binatang untuk menambah keindahan alami yang dimiliki tempat wisata itu. Selain itu, ada beberapa tambahan miniature lainnya sebagai tempat berswafoto di samping menyediakan tempat pertemuan. Semua pembangunan untuk menjadi lebih baik sedang terus digalakkan mengingat konsep pembangunan sudah dirancang. ‘’Tapi pelan-pelan dan bertahap agar pembangunanya tampak lebih eksotis, tidak sekadar dibangun,’’ cetusnya.

Junaidi mengaku, Desa Barabali tak menutup kemungkinan bisa menjadi salah satu desa wisata popular ke depannya. Semua ini tak hanya didukung oleh masyarakatnya tetapi juga alam desa yang sangat mendukung. Berbagai potensi yang menjadi dukungan objek wisata sudah lama dicanang, mulai dari agrowisata, pemancingan, dan objek pendukung lainnya. ‘’Makanya tak hanya pemerintah desa yang semangat, tapi juga masyarakat lebih semangat,’’ tambahnya.

Di samping itu, potensi Desa Barabali sebagai desa strategis di dukung berbagai fasilitas umum lainnya. Seperti pasar umum, pasar hewan, rumah potong hewan, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Lebih jauh Kades yang low fropile ini meyampaikan, semua ini menjadi faktor pendukung lantaran berkaitan satu sama lain hubungannya dengan kunjungan wisatawan ke Desa Barabali. ‘’Makanya kita sangat optimis Desa Barbali ini bisa menjadi desa wisata baru yang menjadi pilihan masyarakat ke depannya, karena banyak faktor pendukung lainnya,’’ tandasnya.

Untuk mewujudkan program ini, Desa Barabali telah bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait dalam berbagai hal. Baik dengan instansi terkait maupun lembaga tertentu yang bisa mendukung perkembangan itu. Potensi itu dimanfaatkan sekaligus sebagai ajang promosi wisata baru itu ke luar agar ramai dikenal masyarakat banyak.

‘’Kalau soal promosi, banyak cara yang kita lakukan selama ini. Selain kerja sama langsung dengan berbagai pihak, kita memanfaatkan setiap momentum yang ada untuk kita promosikan tempat wisata kita,’’ pungkasnya. (Me.red)

  • Share