Sambut Hari Santri Kemenag Loteng, Di Hari Ke Tiga, Kunjungi Ponpes Yatofa Bodak

  • Share

Lombok Tengah, MediaMe.Id. Meyambut Hari Santri, Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah NTB, gelar, tapak tilas, pada Sabtu (16/10/2021) pagi.

Dihari ke tiga gelaran tapak tilas tersebut, dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional tahun 2021 mengunjungi dua pondok pesantren (ponpes) yaitu Yayasan Ponpes Attohiriyah Bodak Praya dan Ponpes Darussalimin NW Sengkol Mantang Batukliang, diikuti lebih dari 350 orang dengan 130 Kendaraan.

Dimana sebelumnya juga telah dilakukan tapak tilas keempat titik ponpes di antaranya ponpes Al Mansyuriah Ta’limusshibian Bonder,Darul Muhajirin Praya, Manhalul Ma’arif dan Al Ikhlas NW Rajek.

Rombongan di lepas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah H.Zamroni Aziz dan Pasi Intel Kodim 1620/Loteng.

Dalam sambutannya, Kemenag Loteng, H.Zamroni Aziz, sesaat setelah berziarah ke makam Tgh Muhamad Said, menyampaikan bahwa dengan diadakannya napak tilas ini semoga mendapatkan berkah energi positif dari resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh para ulama terdahulu yang telah ikut berjuang memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Lanjutnya dalam rangka Hari Santri Tahun 2021, Keluarga Besar Kementerian Agama Memberikan penghargaan kepada Almagfirullah Tgh Muhammad Said atas kiprah dan dedikasi dalam membangun ummat dan pengembangan pondok pesantren khususnya di Lombok Tengah.

“Napak Tilas ini juga menjadikan kita dan santri memahami apa makna dibalik adanya hari santri, yaitu sebagai refleksi bersama untuk melanjutkan perjuangan para kiai,tuan guru dan ulama sekaligus apresiasi terbesar terhadap jasa-jasa ulama dalam mewujudkan kemerdekaan,” ungkapnya.

Sementara itu, rombongan napak tilas setibanya di pondok pesantren Attohiriyah Bodak ,disambut dengan kesenian rebana dan lantunan sholawat dari para santri.

Rombongan dan kepala Kemenag Loteng langsung menuju makam TGH Moh Fadil Tohir pendiri Ponpes Yatofa Bodak, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat yasin,dzikir dan doa.

Pada kesempatan tersebut,putra pendiri Ponpes Yatofa Bodak Tgh Muhamad Fadly Tohir atau yang kerap di sapa dengan Abah saat ramah tamah dan menyambut rombongan,merasa terharu dan mengapresiasi program yang di gagas oleh Kepala Kemenag.

Pada kesempatan tersebut, Abah juga menyampaikan bahwa yayasan ponpes Yatofa Bodak telah melaksanakan program kemandirian ponpes melalui sektor pertanian agrobisnis dan sarana kesehatan rumah sakit sehingga ponpes ini menjadi salah satu ponpes yang mandiri dengan sistem belajar sambil bertani.

Karena itu Abah Fadil Tohir mengaja Kakanmenag beserta rombongan untuk bersama sama memajukan ponpes dengan menggali pontensi yang ada di tiap tiap ponpes.

Setelah dari ponpes Yatofa Bodak, rombongan melanjutkan berziarah ke makam Tgh Muhamad Said pendiri yayasan ponpes Darusalimin NW Sengkol Mantang Batukliang.

Setibanya di Ponpes Darusalimin NW Sengkol Mantang, rombongan langsung menuju makam pendiri ponpes untuk melakukan ziarah dan membacakan doa, berdzikir dan tahlil yang di pimpin oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Loteng H.Suparman S.Ag, (ME.Red)

  • Share