Bhabinkamtibmas Polres Loteng Dibekali Pelatihan Aplikasi BOS dan Silacak

  • Share

Lombok Tengah, MediaMe.Id. Binmas Polda NTB bersama Polres Loteng menggelar pembinaan peningkatan dan kemampuan terhadap Bhabinkamtibmas dengan pelatihan aplikasi Binmas Online Sytem (BOS) versi 2 dan aplikasi silacak.

Pelatihan ini dimaksudkan agar seluruh Bhabinkamtibmas dapat memahami dan masuk aplikasi BOS versi 2 dalam pelaporan pelaksanaan tugas. Hal tersebut sebagaimana instruksi Mabes Polri agar semua tugas atau pelaporan Bhabinkamtibmas dimasukan dalam aplikasi tersebut guna mengontrol pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas seluruh Indonesia.

Demikian juga dengan aplikasi silacak. Di sini Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan tugas dalam memutus mata rantai pandemi Covid-19 penting sekali diberikan pelatihan aplikasi silacak yang nantinya bisa membantu tenaga kesehatan dalam memberikan informasi kasus covid-19 serta dapat mencari dan melaporkan kontak erat yg terkonfirmasi Covid-19.

Dalam sambutannya, Kapolres Loteng, AKBP Hery mengingatkan kepada para Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas Kepolisian di lapangan agar tetap semangat melaksanakan tugas demi terciptanya Sitkamtibmas di.wilayah hukum Polres Loteng.

“Kita juga harus tetap bersinergi dengan tiga pilar yaitu Bhainkamtibmas, Babinsa dan kepala Desa,” pesannya.

Dalam situasi pandemi saat ini, semua Bhabinkamtibmas sebagai tracking harus tetap berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan tiga pilar Kamtibmas serta unsur lapisan masyarakat di wilayah binaannya dan melaporkan setiap perkembangan.

Sementara, Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda NTB menyampaikan pentingnya silaturahmi. Dengan silaturrahmi, maka rekan-rekan Bhabinkamtibmas bisa bekerja sama dengan baik.

“Tetap jalin kerjasama dengan rekan-rekan intelijen untuk melakukan deteksi dini guna mengetahui Sitkamtibmas. Saya akan monitor kegiatan Bhabinkamtibmas dalam kegiatannya mencegah dan menciptakan Sitkamtibmas yang kondusif,” tegasnya.

Ditekankan bahwa deteksi dini harus selalu berjalan. Sehingga perlunya membangun koordinasi atau sinergi dengan Babinsa maupun Kades.

“Saat ini kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Silahkan setiap laporan dimasukkan di aplikasi BOS,” pintanya.

Ditegaskan, Bhabinkamtibmas sebagai tracking harus tetap berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengajak warga masyarakat mensukseskan program vaksinasi guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Setelah itu, laporan yang dibuat silahkan para Bhabinkamtibmas laporkan melalui aplikasi silacak,” terangnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono, SH, SIK, MH., Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda NTB, AKBP I Nyoman Supartana, SH, Kasat Binmas AKP Gusti Lanang Wijana, Koordinator Surveilans Dinas Kesehatan kabupaten Loteng, Edi Syahroji, ST. S.K.M, Operator Surveilans Aplikasi Silacak dan All record Lalu Muhammad Ansyori, S.K.M. M. EPID, serta perwakilan Bhabinkamtibmas Polres Loteng sebanyak 45 orang. (ME. Red)

  • Share