Kodim Loteng Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat Untuk Merajut Persatuan

  • Share

Lombok Tengah, MediaMe.Id. Kodim 1620/Loteng menggelar Komunikasi Sosial (komsos) dengan komponen masyarakat sebagai langkah pembinaan territorial secara terarah dan terukur di Aula serbaguna Makodim Jln Gajah Mada No 101 Praya Lombok Tengah, Jum’at (21/5/2021).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Merajut Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”. Sebagai wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa bernegara dalam rangka membantu kesulitan rakyat serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.IP, dalam sambutannya mengatakan, Komunikasi Sosial adalah sebagai salah satu metode Pembinaan Teritorial yang dilaksanakan secara terarah, sebagai upaya untuk membantu Pemerintah dalam menyiapkan kekuatan pertahanan dan kekuatan pendukung dalam mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Ini adalah salah satu usaha untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara prajurit TNI AD khususnya Kodim 1620/Loteng dengan Komponen Masyarakat,”ujarnya.

Menurutnya keeratan hubungan yang harmonis bersama komponen masyarakat bertujuan untuk memberikan pemahaman serta mengajak Komponen Masyarakat dalam berpartisipasi mempertahanan negara agar terwujudnya NKRI yang berdaulat dan sejahtera.

“Bahwa seluruh Prajurit TNI bersama-sama dengan Komponen Bangsa khususnya Komponen Masyarakat harus mampu menyiapkan potensi daerah untuk menjadi kekuatan pertahanan yang disiapkan secara dini,”imbuhnya.

Ia menambahkan, Komponen Masyarakat diarahkan untuk membangun pemahaman yang positif tentang permasalahan geografi, demografi, dan kondisi sosial.

“Namun rencana tata ruang wilayah pertahanan Darat dan permasalahan menonjol di daerah harus menjadi kesamaan visi maupun persepsi dan interpretasi,”ucapnya.

Lanjutnya, tidak hanya TNI yang bertanggung jawab atas keselamatan bangsa, akan tetapi juga semua rakyat juga bertanggung jawab atas keselamatan bangsa dan negara.

“Dengan memantau keamanan dan peduli lingkungan sekitar kita sudah ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan bangsa dan negara,” tutupnya. (ME. Red)

  • Share