Bupati Loteng Hadiri Syukuran HUT TNI ke 75 di Kodim Loteng dan beri Hadiah Pemenang Lomba Kampung Sehat

  • Share

Lombok Tengah, MediaMe.id – Bupati Loteng H.M. Suhaili FT menghadiri acara Syukuran HUT TNI ke 75 di Kodim Loteng dan beri Hadiah Pemenang Lomba Kampung Sehat Tingkat Kabupaten Lombok Tengah oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah dan Polda NTB, di Makodim 1620/Loteng jl. Gajah Mada nomor 101 Praya, Senin tanggal 05 Oktober 2020.

Untuk pemenang lomba kampung sehat tingkat Kabupaten Lombok Tengah mendapatkan hadiah uang pembinaan dari Pemda Loteng dan Kapolda NTB berupa tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Bupati Loteng HM. Suhaili, FT mengatakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat sekarang ini di era new normal masa pandemi Covid-19 sudah semakin membaik. Dikarenakan berbagai macam ikhtiar sudah dilaksanakan dan di evaluasi selama mengunjungi kampung-kampung sehat.

“Sosialisasi sudah kami laksanakan, simulasi dan fasilitasi juga sudah kita laksanakan, sekarang ini tinggal mengawasi saja dan inilah tugas berat kita butuh sinergi kekompakan dan keselarasan langkah kita,” ujar H.M. Suhaili FT.

Menurut Bupati Loteng, kampung sehat sudah masuk tingkat kabupaten namun bagi desa yang mendapatkan juara hendaknya jangan disikapi dengan jumawa, karena setelah ini akan dilakukan pengecekan kembali ke desa-desa pemenang lomba kampung sehat, apakah hanya pencitraan saja atau memang sudah ada kesadaran pola hidup sehat.

“Iya nanti pada puncak HUT Loteng akan diserahkan hadiah kepada yang mendapatkan juara. Setelah itu kita secara bersama stake holder akan keliling ke desa-desa yang mendapatkan juara, mengecek kembali kondisi desanya. Dan hadiah ini seyogyanya menjadi pemicu dan penyemangat dalam menggerakkan pencegahan penularan covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah,” imbuhnya.

Sementara Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto, S.E, M.I.Pol dalam sambutannya dibacakan Kasdim 1620/Loteng Mayor Infanteri Dian Aksmiyandita mengatakan bahwa program Kampung sehat yang digagas Bapak Kapolda NTB ini merupakan suatu langkah yang sangat tepat dalam menyongsong era tatanan kehidupan baru, yang mana semua dituntut harus bisa menerapkan hidup sehat demi memutus rantai penyebaran virus Covid –19 tersebut.

“Pola hidup sehat ini tidaklah mudah dan perlu tingkat kesadaran yang tinggi bagi kita sebagai manusia yang rentan untuk tertular, oleh karenanya program Kampung sehat inilah salah satu cara untuk kita bisa dapat memutus rantai penyebaran Covid –19 tersebut,” jelasnya.

Dandim juga menambahkan, program kampung sehat ini juga merupakan sarana edukasi bagi masyarakat khususnya di
wilayah Kabupaten Lombok Tengah dimana tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan masih tergolong rendah.

“Dalam kesempatan kali ini juga kami mengucapkan selamat bagi para pemenang dan seluruh aparat terkait seperti Kepala Desa, Babinsa, Babinkamtibmas serta seluruh masyarakat yang telah berupaya dan berusaha semaksimal mungkin sehingga wilayahnya bisa mendapat predikat terbaik dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid -19 program kampong sehat,” tutupnya.

Adapun pemenang lomba kampung sehat diantaranya :
– Juara satu Desa Bilebante mendapatkan uang pembinaan dari Pemda Loteng sebesar Rp. 100.000.000,- dari Polda NTB Rp. 15.000.000,-

– Juara dua Desa Stanggor mendapatkan uang pembinaan dari Pemda Loteng sebesar Rp. 75.000.000 ,- dari Polda NTB Rp. 10.000.000,-

Dan Juara tiga Desa Jangu mendapatkan uang pembinaan dari Pemda Loteng sebesar Rp. 50.000.000,- dari Polda NTB Rp. 5.000.000,-.(ME.red)

  • Share