Ultah ke 29 Alumni Akpol 91 Gelar Baksos di Tete Batu Lotim

  • Share

Lombok Timur, MediaMe.id – Dalam pengabdiannya yang ke 29 tahun, Keluarga Besar Alumni Akpol Leting 1991 Batalyon Bhara Daksa menggelar bakti sosial (baksos), di Tete Batu Selatan Kecamatan Sikur, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Senin 27 Juli 2020.

“Kegiatan ini digelar karena penurunan kesehatan dan perekonomian masyarakat demikian terasa akibat pandemi Covid-19. Berangkat dari situasi tersebut maka kami berinisiatif untuk melakukan kegiatan bakti sosial, sekaligus memperingati HUT Alumni Akpol 1991 Batalyon Bhara Daksa ke-29, yang jatuh pada hari ini,” ungkap Ketua Keluarga Besar Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Leting 91 Batalyon Bhara Daksa Irjen Pol. Muhammad Iqbal.

Iqbal menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk pengabdian Polri khususnya Alumni Akpol Leting 91 Batalyon Bhara Daksa terhadap masyarakat, bangsa, dan negara. Selain itu, baksos pengabdian itu juga diniatkan sebagai wujud nyata eksistensi Polri yang selalu ada di tengah-tengah masyarakat, dengan harapan Polri kian eksis sehingga semakin dicintai oleh masyarakat.

Kapolda NTB menjelaskan, baksos yang digelar Alumni Akpol Leting 91 Batalyon Bhara Daksa yang mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif” tersebut, bertujuan membantu program pemerintah dalam menghadapi dan atau menangani pandemi Covid-19.

“Kami berharap kegiatan ini akan menciptakan situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat, red) yang aman dan kondusif, sehingga masyarakat akan semakin produktif sebagaimana tema yang diangkat oleh Bapak Kapolri dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-74,” ujarnya.

Lebih jauh mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu mengungkapkan, baksos pengabdian ke-29 itu dilaksanakan secara serentak di 34 Polda se-Indonesia, dimana dalam pelaksanaannya menggelontorkan 25.600 bantuan paket sembako, 10 unit gerobak, dan satu ekor sapi untuk qurban di perayaan Hari Raya Idul Adha.

“Ada juga sebanyak 1.614 paket sembako untuk PHL atau Pegawai Harian Lepas Polri lingkup Polda NTB dan Polres jajaran, dari hasil kami menyisihkan rezeki kami yang akan dibagikan kepada masyarakat seluruh daerah di Indonesia,” katanya.

Selain itu, lanjut M. Iqbal, bantuan paket sembako juga menyasar para purnawirawan serta warakawuri, dan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 yang sangat membutuhkan, namun tidak ter-cover oleh bantuan dari pemerintah.

“Semoga semua ini mampu memberikan dukungan moral kepada warga kurang mampu, agar tabah dalam menghadapi kehidupan yang saat ini dalam adaptasi kebiasaan baru, sehingga bersama-sama berupaya mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19,” tegasnya.

Dia menambahkan, total sembako yang disalurkan oleh Alumni Akpol 1991 Bhara Daksa sebanyak 25.600 paket bantuan seperti di Kota Mataram sebanyak 211 paket bantuan.

Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap kesehatan dan ekonomi dunia serta tatanan kehidupan bangsa dan negara, telah berdampak pada menurunnya tingkat kesehatan perekonomian. ‘’Dari situasi itu maka kami berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial sekaligus memperingati HUT Akpol 1991 Batalyon Bhara Daksa,’’ tegasnya.

Baksos tersebut sebagai bukti kepedulian Alumni Akpol 1991 terhadap masyarakat Indonesia. Baksos digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Dengan membagikan sembako serta alat atau modal usaha. Harapannya, bantuan yang diberikan membantu meringankan beban warga penerima bantuan dan bisa memajukan usaha yang telah berjalan.

’’Sekali lagi ini bentuk pengabdian kami agar lebih dekat dengan masyarakat. Juga bertujuan untuk membantu program pemerintah dalam menghadapi Covid-19. Harapannya kegiatan ini bisa menciptakan kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat akan semakin produktif,’’ harapnya.

Ratusan paket sembako dibagikan kepada Bhabinkamtibmas untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat. Kapolresta Mataram bersama tamu undangan melepas ratusan Bhabinkamtibmas yang akan menyerahkan bantuan paket sembako. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Mataram, Kajari Mataram, serta puluhan pejabat lingkup Pemkot Mataram. Secara keseluruhan, kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar.

Sekda Kota Mataram, H Effendi Eko Saswito menyampaikan, bakti sosial itu patut diapresiasi. Dia berharap kegiatan tersebut bisa menjadi inspirasi masyarakat. Terlebih di masa pandemi Corona diharapkan banyak pihak mengulurkan tangan untuk membantu masyarakat.

“Kami atas nama Pemkot Mataram dan warga Kota Mataram sangat mengapresiasi baksos alumni Akpol angkatan 1991 ini,’’ ungkap Sekda Kota Mataram.

Dia berharap kegiatan baksos bisa diadopsi dan direfleksikan bagi komunitas masyarakat lainnya yang memiliki kelebihan rizki. Bakso juga bisa diikuti oleh komunitas yang anggotanya Kepala SKPD Kota Mataram.

“Kami mengimbau kegiatan ini bisa bersinergi menggerakkan komunitas kita untuk melaksanakan kegiatan yang sama di Kota Mataram. Kegiatan ini perlu kita petik hikmahnya. Karena ini merupakan pesan moral dari Kapolda NTB dalam rangka bahu membahu meringankan beban masyarakat kita yang terdampak. Selamat kepada alumni Akpol 1991. Kami menyampaikan ribuan terima kasih atas kegiatan ini,’’ tutupnya (ME.red)

  • Share