Saat wabah Covid-19, Ini yang dilakukan Pemuda Tembeng Putik Lotim

  • Share

Lombok Timur, MediaMe.id – Patut diacungi jempol untuk Pemuda Tembeng Putik, Kecamatan Wanasaba Lombok Timur ini sebab di saat wabah pandemi Covid-19 mereka sibukkan diri dengan menggelar bakti sosial (Baksos) dan santuni yatim, dhuafa juga Jompo.

Adapun elemen yang tergabung dalam kegiatan Baksos dan santunan kaum dhuafa itu yakni Pemuda Tembeng Putik diantaranya Garda Solidaritas, P2GT, Pemuda Ngunyeng dan masyarakat setempat.

“Gerakan santunan dan baksos ini di gagas oleh Garda Solidaritas bertujuan persiapan Lebaran dan relaksasi pikiran masyarakat dari wabah covid-19 termasuk dampaknya,” ungkap ketua Garda Solidaritas, Rohman Rofiki , Jumat 14 Mei 2020.

Dia mengatakan, selain kegiatan Baksos dan santunan untuk yatim, dhuafa dan jompo. Ada kegiatan edukasi anak-anak supaya lebih mengenal masyarakat dan lingkunganya.

Rohman memaparkan titik lokasi baksos yakni disemua tempat fasilitas umum seperti Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tembeng Putik yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

“Sampah organik yang menempuk setiap tahunnya menimbulkan keresahan di tengah masyarakat saat berziarah Kubur setiap hari Jumat dan di Masjid juga dan Sekolah – Sekolah, kami bersihkan bersama,” kata dia.

Rohman mengaku, baksos ini di lakukan untuk menjadi solusi dari keresahan masyarakat. “Untuk kegiatan santunan jilid 2 kepada yatim, duafa dan jompo akan digelar Sabtu 16 Mei 2020,” cetusnya.

Dia berharap, kegiatan baksos ini bisa menjadi perhatian Pemerintah Desa Tembeng Putik, supaya lebih mendengar keluhan masyarakat selama ini. Karena masalah yang bertahun ini tidak pernah direspon.

Selain itu, sangat berharap agar pemerintah desa mendukung gerakan ini. “Ini kami sampaikan, kerap kali pemuda bergerak dan melakukan kegiatan hanya bersifat mandiri. Bahkan biaya transport pengangkutan sampah hasil urunan dan belum terbayar karena keterbatasan anggaran,” tuturnya sembari menegaskan, anggaran santunan tersebut dari donatur yang memang melihat pergerakan pemuda ini dari hari kehari berusaha melakukan pengabdian ke masyarakat. (ME.red)

  • Share