Putus Penyebaran Covid-19, Kodim Loteng Gunakan Penyemprot Disinfektan System Sinar Laser

  • Share

Lombok Tengah, MediaMe.id – Berbagai metode dilaksanakan oleh berbagai kalangan sesuai dengan skill yang mereka miliki untuk, Memutuskan mata rantai peyebaran Covid-19 ini, salah satunya Kodim 1620/Lombok Tengah membuat gerbang disinfektan dengan menggunakan sinar laser otomatis.

Dalam video berdurasi 2 Menit dan sangat viral di media sosial serta mendapat banyak aplouse dari netizen tersebut Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Czi Prastiwanto S.E, MIPol mengatakan
Gerbang disinfektan dibuat sebagai langkah mensterilkan anggota Kodim 1620/Loteng yang akan bertugas.

‘Ini upaya kami anggota Kodim 1620/Loteng dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona khususnya di lingkup anggota Kodim 1620/Loteng,” jelas Dandim Loteng.

Selanjutnya Dandim berdarah madura ini menjelaskan beberapa langkah pembuatan alat penyemprot disinfektan tersebut dengan cara yang sangat mudah dan murah biayanya serta alatnya banyak didapat.

“Asal kita mau berusaha untuk membuat alat pencegah penyebaran covid 19 ini, semua alat yang digunakan gampang didapat,” terangnya.

Sebagai langkah awal kata Letkol Prastiwanto adalah menyiapkan sebuah laser, pompa air, dan alat pengaturan waktu yang bisa di atur sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi laser adalah sebagai sensor yang akan mendeteksi barang jenis apapun yang datang, dan sensor laser tersebut dihubungkan ke pompa yang akan dipasang untuk menyemprotkan disinfektan tersebut.

Kemudian lanjutnya, fungsi timer untuk mengatur durasi waktu sesuai dengan kebutuhan.

Setelah menjelaskan cara buatnya, Dandim Loteng berharap instansi pemerintah yang ada di Loteng berinisiatif membuat langkah yang sama.

“Covid-19 ini, merupakan musuh kita bersama dan harus kita tangkal bersama dengan kesadaran dan keinginan bersama, semoga alat ini berguna dan bermanfaat bagi kita dan masyarakat, sebagai salah satu ikhtiar Kodim 1620/Loteng untuk memutuskan mata rantai peyebaranya Covid-19 di wilayah Tatas Tuhu Trasna ini,” tutupnya.(ME.1)

  • Share