Peringatan Harlah NU Ke 97 di Loteng Berlangsung Khidmat

  • Share

Lombok Tengah, MediaMe.id – Peringatan Harlah NU ke 97 berlangsung khidmad dimana ribuan warga Nahdiyin dari berbagai daerah memadati Bencingah Adiguna Alun-alun Tastura Praya Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (12/03/2020).

Kegiatan Harlah NU ini bertemakan Kemandirian NU menunjukkan Kemaslahatan Umat, diisi dengan Istighosah dan tausiah KH. Muwafiq.

Ketua PC NU Loteng HL Pathul Bahri, mengatakan jumlah penduduk di Lombok Tengah, sekitar 1.125.000,- jiwa yang tersebar di 12 kecamatan dengan jumlah desa 142 Desa ini dan hal ini menurut Pathul adalah tugas berat bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah sebagai pelayan masyarakat.

“Kita semua bertekad terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan memberikan insentif kepada setiap Marbot Masjid yang tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Lombok Tengah. Memberikan rasa keadilan bagi petugas masjid yang jumlahnya, hampir 1250 di seluruh Lombok Tengah karena tugas mereka sangatlah mulia,” terangnya.

Ia juga menambahkan disamping memberi intensif Marbot, Pemkab Loteng sudah membuat Perbub untuk memberikan pelayanan maksimal kepada anak, yatim dan piatu ini dengan menggelar Hari Rahman dan Rahim Day Yang selalu di rayakan setiap 10 Muharam.

“Setiap tahun kita mengumpulkan 13 ribu anak yatim bersama Baznas, telah bisa terkumpul 12 Miliar, dari hasil sumbangan para ASN Lingkup Kabupaten Lombok Tengah dan masyarakat, yang siap untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, baik dalam bidang usaha, pendidikan sesuai dengan regulasi yang berlaku, ini merupakan salah satu ikhtiar kita bersama untuk mengentaskan kemiskinan di Lombok Tengah,” tutupnya.

Sementara itu KH. Muwafiq, dalam tausiahnya mengatakan, keberadaan para santri sejak dahulu telah mampu mengukir sejarah, baik sebelum kemerdekaan maupun setelah kemerdekaan Indonesia.

“Para santri senantiasa mengambil peranan penting dalam sejarah Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Selanjutnya Dai Kondang ini mengatakan, “rangkaian perjalanan panjang para santri santri di tanah air, hendaknya dijadikan pelajaran yang berharga bagi para santri kini, untuk lebih giat lagi belajar dan terus menggali potensi diri untuk kemajuan Bangsa dan Negara Kesatuan Indonesia,” pungkasnya.

Hadir dalam Harlah NU ini, Ketua PC NU Loteng/Wakil Bupati Lombok Tengah, HL Pathul Bahri, Ketua PW NU NTB, TGH. Masnun Tahir, Kamenag Lombok Tengah, H. Jalalulusayuthi, dan Forkopimda serta warga Nahdiyin NU se – Lombok Tengah.(ME.1)

  • Share